28 Januari 2011

Gosip Tentang Jantung

Sebelum kita bikin gosip tentang jantung, Tukang Nge-gosip mau nanya nih, tolong dijawab dengan jujur ya. Apakah golongan darah Anda ? Apakah golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB, atau golongan darah O? Atau mungkin juga golongan darah Biru, kayak yang punya blog ini. Emang apa ya hubungan badan antara jantung sama golongan darah. Untuk itu, marilah kita bersama-sama saling bahu-membahu dan bergandengan tangan, membaca artikel yang berasal dari detikhealth.com menurut agama dan kepecayaan masing-masing. Amin. Oke deh lansung ajach


Serangan jantung memang bisa menyerang siapa saja. Tapi studi terbaru menunjukkan orang dengan golongan darah O memiliki risiko lebih sedikit terkena serangan jantung.

Para peneliti secara bersamaan menemukan gen yang bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler, tapi disisi lain peneliti juga menemukan bahwa golongan darah O bisa menjaga arteri seseorang dari serangan jantung.

"Gen tertentu bisa menyebabkan seseorang mudah terkena penumpukan plak di arteri jantung tapi tidak mengalami serangan jantung, sementara gen yang berbeda menyebabkan serangan jantung ketika seseorang sudah memiliki plak di arteri," ujar Dr Muredach P Reilly, seorang profesor kedokteran di Cardiovascular Institute of the University of Pennsylvania, seperti dikutip dari Healthday, Senin (17/1/2011).

Reilly menuturkan studi ini menunjukkan hubungan yang beraneka ragam antara genetika dan kesehatan jantung, karena tidak semua gen untuk penyakit
jantung adalah sama. Laporan ini diterbitkan dalam edisi 15 Januari 2011 dari The Lancet online.

Dalam studi ini tim Reilly membandingkan hampir 13.000 orang dengan penyakit jantung koroner terhadap 7.000 orang yang tidak memiliki kondisi tersebut.

Sedangkan untuk mengidentifikasi gen-gen tertentu yang mungkin memainkan peran dalam serangan jantung, peneliti membandingkan sekitar 5.800 orang dengan penyakit koroner yang mengalami serangan jantung terhadap 3.600 orang dengan jantung koroner tapi tidak pernah mengalami serangan jantung.

Tim Reilly berhasil mengidentifikasi sebuah gen baru yang disebut dengan ADAMTS7 yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner.

Selain itu secara spesifik gen yang dimiliki oleh orang bergolongan darah O ternyata mampu melindunginya dari serangan jantung, dan jenis golongan darah O dikenal sebagai donor sel darah merah universal.

Meski demikian golongan darah O hanya melindungi risiko serangan jantung bukan penyakit jantung keseluruhan dan stroke.
Kalo udah selesai mbacanya silahkan cuci tangan di tempat yang sudah disediakan. Lalu bobok dan jangan nakal yaa.. Tapi kalau belum selesai baca, tapi pengen cepet2 ngasih komentar, silahkan aja tulis "NICE POST" atau "NICE SHARE" atau "NICE INFO" ataupun yg sejenis nya...

25 komentar:

  1. Aduh, baca gosip ini jantungku jadi cenat cenut deehhh... =))

    BalasHapus
  2. wah baru tau nih saya sob gosip tentang jantung, ini gosip apa beneran yaaa?

    BalasHapus
  3. Kalau Golongan darah A gimana sob ? Keluarga besarku sebagian besar A dan banyak yang kena sakit jantung......
    Ini bukan gosip, ini fakta ... !! hehe..

    BalasHapus
  4. yg berdasarkan zodiak ada ga sob?

    btw, selamat ya akhirnya update juga..:)

    BalasHapus
  5. yes.. darah o sedikit euy resikonya.. :)

    BalasHapus
  6. untunglah saya termasuk orang yang beruntung itu...

    BalasHapus
  7. Darah saya bukan O..Ini jawaban jujur lho..

    BalasHapus
  8. alhamdulillaah golongan darahku O

    BalasHapus
  9. Harus cek Gol Dar nih.. Siapa tau O sampai saat ini ane blom tau apa glongan darah ane,, hahahhah

    BalasHapus
  10. Sekedar berkunjung sob. Belum diupdate lagi ya ?

    BalasHapus
  11. saya belum tau golongan darah saya jenisnya apa...hehe

    BalasHapus
  12. Oooo... ternyata begitu ya? Baru tahu nih.

    BalasHapus
  13. horeeeeeeeeee,,,, alhamdullillah daku darah O ^^

    BalasHapus
  14. Wonderful blog, i recently come to your blog through Google excellent knowledge keep on posting you guys.

    BalasHapus
  15. Truly educational together with inspirational submit. What i'm saying is why won’t numerous of us go by means of posts related to this if we sense down at times. For the reason that if we presume straight down, the actual depression comes. It is that basic.

    BalasHapus
  16. Substantially, this post is really the best on this precious topic. I harmonise with your conclusions and will eagerly look forward to your forthcoming updates. Saying thanks will not just be sufficient, for the great clarity in your writing style. I will instantly grab your rss feed to stay privy of any updates. Authentic work and much success in your business enterprize!

    BalasHapus