26 Juli 2010

Gosip Mengenai Meledaknya Tabung Gas

Berhati-hatilah jika kita akan menggunakan kompor yang menggunakan tabung gas elpiji, terutama dengan ukuran berat 3 kg. Sebab kita semua sudah terlalu sering mendengar gosip yang menyedihkan ini dari berbagai media di tanah air. Di berbagai tempat, banyak sekali kejadian mengenai meledaknya tabung gas Elpiji ini yang memakan korban.
Ngomong-ngomong soal meledaknya tabung gas ini, ternyata masih banyak juga di antara kita yang belum memahami asal muasal atau penyebab meledaknya tabung gas produksi Pertamina ini. Mereka hanya mengerti bahwa penyebab kejadiannya adalah tabung gas yang bocor. Padahal ini adalah sama sekali keliru, yang benar adalah karena gasnya yang bocor, bukan tabung gasnya.
Menurut Basuki Trikora Putra, juru Bicara Pertamina, hingga kini belum ada satu pun kasus ledakan gas yang disebabkan tabung gas. "Sedangkan kebocoran gas tersebut terjadi karena faktor aksesoris seperti selang, regulator, rubber seal dan spindle valve".
Jadi, menurut Tukang Nge-gosip, kalau kita hendak menggunakan kompor gas, pastikan bahwa sebelum api dinyalakan, tidak tercium bau gas ataupun bunyi seperti mendesis yang menyerupai bocornya udara yang menandakan bocornya gas elpiji tadi di sekitar area masak memasak.

8 komentar:

  1. Wah,harus ekstra hati2 nich gan...

    BalasHapus
  2. Bgtu tho,..
    Ya Allah bru tau aq..
    Salam kenal bro,.

    BalasHapus
  3. @ suparyanto : yap...betul

    @ mubaroki : salam kenal juga

    BalasHapus
  4. jadi salah kaprah begini, ternyata tidak ada masalah dengan tabung gas 3 kg nya, padahal sudah banyak tabung gas yang di tarik, knp g konfrensi press aja ya bos biar semuanya terkonfiermasi, he he

    BalasHapus
  5. syukurnya sekarang sih beritanya udah reda.. :)

    BalasHapus
  6. WIw Waspada siaga satu ..
    salam kenal TUKANG GOSIP

    BalasHapus
  7. tabung gas 3 kg makin laris menjelang natal dan taun baru. karena ledakannya melebihi mercon dan kembang api

    BalasHapus